Kamis, 03 Oktober 2013

JMGR Gandeng Media Untuk Selamatkan Wilayah Gambut

Tags

Pekanbaru - Jaringan Masyarakat Gambut Riau gandeng media untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga dan melestarikan hutan dan wilayah gambut. Jika hal ini tidak diperhatikan, dapat mengancam habitat satwa dan fauna, termasuk masyarakat dan ekologinya.

Telah lama fakum, Jaringan Masyarakat Gambut Riau atau JMGR, kembali membangun kelompok perjuangan yang fokus dalam melakukan kerja advokasi persoalan masyarakat, yang secara konsisten menolak ekspansi di wilayah gambut. 

Organisasi yang dibentuk tahun 2010 lalu, ingin bersama media membangun pemahaman masyarakat yang lebih baik, terhadap pentingnya menjaga dan melestarikan hutan dan wilayah gambut, yang saat ini pengelolaan dan pemanfaatannya banyak merusak lingkungan.

Menurut Sekretaris Jenderal Jaringan Masyarakat Gambut Riau - Ismadi Esman, tren investasi sawit dan HTI yang merambah ke wilayah gambut, dengan membuat kanal-kanal agar bisa ditanami sawit atau HTI, membuat kandungan air di wilayah gambut berkurang dan akhirnya rusak. Praktik inilah yang mengancam habitat satwa dan fauna, termasuk masyarakat dan ekologinya. Dengan fakfa ini lah, Jaringan Masyarakat Gambut kembali melakukan perjuangan sehingga bisa meminimalkan kerusakan lingkungan.

Ismadi Esman menambahkan, nantinya pergerakan jaringan Masyarakat Gambut Riau atau JMGR akan menjalankan program pelatihan, sehingga bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pemeliharaan hutan dan wilayah gambut. (irw/RTV mengabarkan)  

Sumber: RTV.com 


EmoticonEmoticon