Kamis, 01 April 2010

Deklarasi Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR)

Tags

Deklarasi JMGR 

"Bersatu Menuju Pengelolaan Gambut Yang Berkeadilan, Mensejahterakan Rakyat dan Berkelanjutan"
Berkat Rahmat ALLAH SWT……
Propinsi Riau merupakan wilayah yang dianugrahi lahan gambut yang terluas dan dengan Kandungan Karbon yang paling tinggi di Sumatra. Anugrah ini sekaligus diiringi dengan tanggung jawab untuk mengelolaa lahan gambut untuk Kesejahteraan Masyarakat dan menjaga  Ekosistem Hutan Rawa Gambut Riau. 

Namun, Pembukaan hutan rawa gambut untuk Perkebunan sawit dan HTI yang terjadi saat ini sangat berdampak buruk bagi lingkungan dan ekosistim. Keberadaan 2 Perusahaan Pulp terbesar di asia dan menjamurnya Perkebunan sawit skala besar merupakan faktor utama penyebab kehancuran hutan lahan gambut/ rawa gambut di Propinsi Riau.

Kami Peserta kongres masyarakat gambut Riau yang tersebar dari 32 desa/kelurahan dari 5 kabupaten menyatakan tanah, hutan, kebun, sungai, danau di kawasan hutan rawa gambut diwilayah kami merupakan HAK KAMI, maka menjaga, melindungi dan mempertahankan kawasan adalah kewajiban kami.

Kami Peserta kongres masyarakat gambut Riau sampai kondisi hari ini berdasarkan pembelajaran, membaca secara objektif atas situasi masyarakat local di wilayah gambut Riau dan kondisi subjective gerakan yang telah dilakukan, maka bersepakat membangun organisasi massa sebagai pondasi bangunan untuk mendorong proses pembelajaran bersama, persatuan dan kerja-kerja perjuangan atas hak-hak pengelolaan sumberdaya alam berdasarkan kearifan masyarakat untuk mencapai cita-cita keselamatan, kesejahteraan, dan kedamaian di bumi lancang kuning ini dengan menyatakan secara sadar dan tanpa tekanan dari pihak manapun untuk mendeklarasikan berdirinya Jaringan Masyarakat Gambut Riau atau disingkat dengan JMGR.

Jaringan Masyarakat Gambut Riau bertekad mewujudkan keadilan dan kelestarian pengelolaan sumberdaya ekosistem hutan rawa gambut yang mensejahteraan rakyat dengan menjujung tinggi nilai dan prinsip: Kesejahteraan dan Kelestarian lingkungan, Keadilan Sosial, Persatuan, Demokrasi, Solidaritas, Keterbukaan, Kemanusiaan, Kesetaraan, Kebersamaan, Anti Kekerasan dan Anti Diskriminasi.

Hidup JMGR, Hidup Rakyat, Hidup JMGR, Hidup Rakyat, Merdeka !!!!!
 
Gedung DPRD Propinsi Riau
12.20 WIB
Pekanbaru, 31 Maret 2010
Jaringan Masyarakat Gambut Riau

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon